SeDaRI HaKiKaT DuNia HaRi iNi

Make Money With cashCrate - Join me!!

Kehidupan adalah anugerah utama Ilahi. Anugerah khdupan ini memberi gambaran kebesaran-Nya buat kita semua. Anugerah ini wajib kita syukuri dan haragai. Internet adlh kemudahan buat umat manusia yg tdk kira umur, pangkat, agama, bangsa, Negara dan yg sewaktu dgnnya. Justeru itu, manfaatkanlah ia utk kesejahteraan diri kita dan umat sejagat. Sentiasalah kita beringat bhw apa shja yg kita lakukan akan dip't/jawabkan pda kemudian hari.


Gunakan sebaik-baiknya kurnia Allah swt kpd kita. Halalkan kegunaan akal. Hati dan lidah pda perkara yg bakal membawa kpd kecemerlangan diri kita samaada di dunia mahupun di akhirat. Kita hidup hanya sekali. Sekali ‘pergi’ tak akan ‘kembali’. Bak pepatah melayu,’buat baik berpada-pada dan buat jahat JANGAN sekali’. Kewujudan website ini dgn blog sbg wadah utk meningkatkan nilai diri. Bermatlamatkan penyatuan ummah dgn ciri-ciri kemurnian budi dan budaya. Walaupun dunia terus maju dgn teknologi, kita seharusnya terus mengekalkan akhlak dan jati diri insani.

Tuesday, July 27, 2010

6 PeRsimpaNaGan MaNusia

Abu Bakar ash-Shiddiq r.a pernah berkata: "Sesungguhnya iblis berdiri di depanmu, jiwa di sebelah kananmu, nafsu di sebelah kirimu, dunia di belakangmu, dan semua anggota tubuhmu berada di sekitar tubuhmu. Sedangkan Allah berada di atasmu. Sementara iblis terkutuk selalu mengajakmu meninggalkan agama. Jiwa mengajakmu ke arah maksiat. Nafsu mengajakmu memenuhi syahwat. Dunia mengajakmu supaya memilihnya dari akhirat, dan anggota tubuh mengajakmu melakukan dosa. Sedangkan Allah mengajakmu masuk surga serta mendapat keampunan-Nya.Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya:

"...dan Allah mengajak ke surga serta menuju keampunan-Nya dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran..." (QS. al-Baqarah: 221)

Kehidupan dunia ini bagaikan sebuah perjalanan. Banyak jalan, jalur, serta persimpangan yang akan dilalui. Dari keterangan Abu Bakar ash-Shidiq r.a di atas, jelaslah bahwa dalam menempuh kehidupan dunia ini manusia senantiasa dihadapkan dengan enam macam persimpangan, yakni iblis, jiwa, nafsu, dunia, anggota tubuh, dan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. setiap simpang berusaha mengajak dan menarik manusia untuk memilih simpang mana yang akan dilaluinya.

Sehubungan dengan itu, lebih lanjut Abu Bakar ash-Shidiq berkata: "Siapa yang memenuhi ajakan iblis, maka hilang agama dari dirinya. Siapa yang memenuhi ajakan jiwa, maka hilang darinya nilai nyawanya. Siapa yang memenuhi ajakan nafsu, maka hilanglah akal dari dirinya. Siapa yang memenuhi ajakan dunia,maka hilanglah akhirat dari dirinya. Dan siapa yang memenuhi ajakan anggota tubuhnya, maka hilang surga darinya. Dan siapa yang memenuhi ajakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala, maka hilang dari dirinya semua kejahatan dunia dan ia akan memperoleh semua kebaikan."

Orang yang beriman dan bertakwa tentunya akan memilih simpang yang keenam, yakni ajakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Pilihan ini diambilnya tidak lain karena orang beriman yakin bahwa itu sebaik-baiknya simpang atau jalan yang harus ditempuh. Allah adalah jalan menuju keselamatan, kebahagiaan, dan kebaikan. Seseorang yang dalam hidupnya memilih ajakan Allah akan terhindar dari kerugian, keburukan, dan kejahatan.

Lima simpang yang lainnya perlu diwaspadai oleh manusia. Diantara kelima hal itu, yang paling berbahaya adalah iblis. Dunia, jiwa, nafsu, dan anggota tubuh bersifat pasif, sementara iblis bersifat aktif. Iblis adalah musuh manusia, sementara manusia adalah sasaran iblis laknatullah. Oleh sebab itu, hendaknya manusia senantiasa waspada terhadap iblis karena iblis selalu melihat tepat pada sasarannya.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah memberikan peringatan berkali-kali kepada kita tentang permusuhan iblis dengan manusia, diantaranya firman Allah berikut ini: "Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh (mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannnya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala." (QS. Fathir: 6)

(Disadur dari tulisan Bapak Ihsan Nul Hakim, al-Bayan Free Magazine)

No comments:

Post a Comment

Make Money With CashCrate